Tahun 2021 Empat SMP Di Bangkalan Dapat Kucuran DAK Sebesar 7 Miliar

  • Whatsapp

BANGKALAN || KABAROPOSISI.NET – Sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bangkalan Madura Jawa Timur mendapat kucuran anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp. 7 miliar untuk tahun 2021.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Bangkalan Jufri Kora saat ditemui diruangan kerjanya mengatakan, pada tahun ini jumlah sekolah yang mendapat DAK mengalami penurunan yakni 4 sekolah, berbeda dengan tahun sebelumya 16 sekolah.

“Untuk tahun ini hanya empat sekolah yang mendapat DAK, diantaranya SMP 2 Kamal, SMP 3 Tanah Merah Laok, SMP 1 Burneh dan SMP 3 Geger,” ungkapnya Jufri, selasa (2/2/21) siang.

Lebih lanjut dia menjelaskan, adapun pelaksanaan perbaikan sekolah saat ini berbeda dengan tahun lalu yang dilakukan secara swakelola, sedangkan tahun ini melalui kontrak.

“Jadi sekarang pengerjaannya kontraktual, dan itupun nanti masih melalui proses lelang, dan untuk lelang itu dilakukan oleh LPSE langsung yang berperan,” kata Jufri.

Dia menambahkan, DAK tersebut bersumber dari dana pusat yang diserahkan pada Pemerintah Daerah sebab kata dia untuk APBD murni dibidangnya tidak dapat.

“Untuk APBD murninya itu tidak dapat, kalau tahun sebelumnya itu masih dapat Rp. 100 juta dan untuk tahun ini tidak ada,” ujarnya. (Sul)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *