Diterjang Angin Kencang Pohon Mahuni Besar Roboh Pangklang Jalan Raya

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET | BANYUWANGI – Jalan Raya arah Songgon – Rogojampi Kabupaten Banyuwangi tepatnya di Dusun Wijenan Lor Desa Singolatren Kecamatan Singojuruh. Senin 11/01/2021 sekira pukul 14:36 untuk sementara jalur lintas tergannggu.

Hal tersebut terjadi karena ada pohon Mahuni berukuran kurang lebih diameter 50 cm tergeletak pangklang badan jalan. Lantaran hal tersebut pengguna jalan dari dua arah terpaksa harus bersabar menunggu batang kayu dievakuasi.

Tampak di lokasi kejadian para perangkat Desa Singolatren bersama warga berupaya melakukan evakuasi dengan cara memotong kayu jadi beberapa bagian agar mudah dipinggirkan. Terjadi kemacetan kendaraan namun tidak terlalu mengular karena kebetulan sepi mondar-mandir kendaraan.

Menurut Kepala Desa Singolatren Apandi dalam konfirmasinya menyampaikan, pohon Mahuni roboh disebabkan angin kecang.

“Pohon itu roboh karena ada angin kencang sebentar tadi mas, tapi selain itu karena memang kondisi pohon sudah keropos di bagian bawah. Pohon Mahuni di sepanjang jalur ini milik PU, dan tadi saat kejadian saya sudah menghubungi pihak PU setempat. Beruntung tidak ada pengguna jalan melintas saat kejadian, sehingga tidak ada korban”, kata Kades Apandi.

Lebih lanjut Kades Apandi mengungkapkan kekhawatirannya, karena ada beberapa pohon Mahuni milik PU di sepenjang jalan raya desanya.

“Semoga saja cuaca bersahabat, karena kalau masih di musim hujan yang kadang disertai angin kencang. Saya khawatir kejadian yang sama terjadi pada pohon-pohon yang lain. Ini contohnya batang kayu terlihat untuh dari luar ternyata keropos, ini perlu diwaspadai karena jalur lintas di jalan ini ramai kendaraan tiap harinya”, pungkasnya.

Berkat kerjasama perangkat desa Singolatren dengan warga, batang pohon Mahuni dalam waktu kurang dari 1 Jam bisa dievakuasi. Dan jalur lintas Songgon – Rogojampi pun kembali normal. (ktb).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *