Warga Sragi Dibuat Tersenyum Terima Bantuan Program Kanggo Riko

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET | BANYUWANGI – Sebanyak 40 orang warga Desa Sragi Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. Yang terdaftar sebagai Kelompok Penerima Manfaat (KPM) dari program Kanggo Riko.

Rabu 30/12/2020 dibuat tersenyum oleh Pemerintah Desa Sragi dengan diserahkannya bantuan peralatan yang bisa menunjang kegiatan usahanya. Mereka adalah para warga yang kesehariannya punya kegiatan usaha jualan jajanan (gorengan), es, rujak, bakso, cilog, dan makanan ringan lainnya.

Bantuan dari program Kanggo Riko yang diserahkan oleh Kepala Desa Sragi, Sekdes, dan para Kepala Dusun. Berupa etalase, rombong es, rombong bakso, rombong cilog, peralatan masak, tabung gas, kompor gas dst. Salah satu Penerima Manfaat bernama Kusairi pedagang cilog menuturkan,

“Alhamdulillah mas dengan bantuan ini sangat membantu kelancaran usaha saya juga yang lainnya. Saya berterima kasih sekali kepada Pak Kades juga Pemerintah yang peduli sekali dengan kebutuhan warganya mas”, tuturnya.

Kepala Desa Sragi Hartono saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa bantuan tersebut program Kanggo Riko dari Pemkab Banyuwangi melalui Dinas Pemnerdayaan Masyarakat Desa (DPMD) yang sumber dananya dari anggaran ADD Khusus.

“Bantuan yang kami salurkan ini adalah dari program Kanggo Riko dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, sumber dananya melalui anggaran ADD khusus senilai 100 juta. Agar bantuan ini punya nilai manfaat sesuai dengan kebutuhannya maka ke depan kami upayakan ada pelatihan kepada warga Penerima Manfaat. Harapan kami semoga bantuan ini bisa membantu warga untuk memperlancar usahanya dan penghasilannya”, ujar Kades Sragi.

Lanjut Kades Hartono, menjelaskan alasan kenapa direncanakan ada pelatihan kepada Penerima Manfaat. Karena menurut Kades Hartono semua bantuan peralatan itu akan percuma dan tidak punya nilai manfaat bila tidak ditunjang dengan SDM yang sesuai keahlian masing-masing. Usaha apapun bisa ditiru tapi tanpa keahlian khusus maka tak jarang usahanya mandek di tengah jalan.

Atas nama warganya Kades Hartono menyampaikan terima kasih kepada DPMD yang selama ini melakukan sosialisasi sampai pada terealisasinya bantuan tersebut. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *