Petugas TPS Acungkan Dua Jari Simbul Nomer Urut Paslon, Menuai Protes

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET | BANYUWANGI – Beredar foto selvie anggota KPPS yang bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03 Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi. Acungkan dua jari simbul/kode Nomer Urut salah satu Paslon Cabup Cawabup Banyuwangi menuai protes.

Protes dilakukan oleh Michael Edy Hariyanto, SH Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi setelah mendapatkan informasi dugaan ketidaknetralan petugas TPS tersebut. Diketahui dari video yang beredar Michael Edy Hariyanto, SH sedang menegur dan meminta kegiatan untuk sementara dihentikan.

Untuk mengetahui kebenaran informasi kejadian di TPS 03 Blimbingasari awak media konfirmasi Michael Edy Hariyanto, SH.

“Ya.. benar saya menegur petugas TPS, bukan artinya saya menghalang-halangi hak politiknya mau dukung siapa itu silahkan. Tetapi saat mereka bertugas tidak boleh melakukan tindakan yang menunjukkan ketidaknetralannya. Petugas TPS kan sudah dibekali pengetahuan tentang aturan bagaimana melaksanakan tugasnya sebagai bagian dari Penyelenggara Pemilu. Harusnya kan menghormati petugas yang lain atau masyarakat calon pemilih yang juga punya hak”, gebernya saat dikonfirmasi melalui selulernya Rabu 9/1/2020.

Ketika ditanya kenapa meminta dihentikan kegiatan pemungutan suara di TPS tersebut, Michael menjelaskan.

“Karena ketika Penyelenggaranya sudah tidak netral maka ada pihak Paslon atau kontestan yang dirugikan. Lalu apa menjamin Pilkada ini akan berjalan dengan jujur dan adil kalau ini dibiarkan berlanjut. Dari kejadian di TPS ini tidak salah bila kita pertanyakan netralitas dari Penyelenggara Pemilu yang lainnya. Dan saya berharap pihak yang berwenang segera ambil langkah tegas terhadap petugas yang tidak netral. Juga harus menjamin bahwa petugas di semua TPS akan netral dan memastikan Pilkada ini akan dilaksanakan dengan jujur, adil”, jelasnya.

Sementara salah satu petugas Panwascam Blimbingsari dikonfirmasi via WhatsApp-nya sampai berita ini ditayangkan belum memberikan tanggapannya. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *