Program P3-TGAI Atasi Kebutuhan Air Petani

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET|Magetan, _ Proyek P3-TGAI atau Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja irigasi desa guna kesejahteraan petani, peningkatan ekonomi masyarakat sekitar, serta berkontribusi untuk ketahanan pangan.

Program P3-TGAI selaian untuk mendukung program ketahanan pangan juga menyasar pada pemberdayaan perkumpulan petani pemakai air (P3I) maupun Himpunan Petani Pemakai Air (Hippa).

Proyek dilaksanakan oleh Swakelola

Salah satu proyek P3-TGAI di Magetan adalah di Desa Jambangan Kecamatan Kawedanan. Di desa tersebut proyek dikerjakan secara swakelola oleh Himpunan Petani Penakai Air desa setempat.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Desa Jambangan David Hendra Kusuma saat dikonfirmasi membenarkan jika Desanya mendapatkan proyek yang berasal dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) tahun anggaran 2020.

“Proyek dikerjakam oleh Hippa Desa Jambangan”, ujar David

Dijelaskan proyek senilai 195 juta digunakan untuk membangun jaringan irigasi sepanjang 315 meter, dan saat ini dalam proses pengerjaan.

Pelaksanaan proyek tersebut masih dalam masa pandemi Covid 19 sekaligus menjadi program padat karya tunai yang mendorong penyerapan tenaga kerja desa setempat.

Kepala Desa Jambangan berterima kasih karena desanya telah mendapatkan proyek P3-TGAI ini sehingga dapat membantu para petani dalam pemenuhan akan kebutuhan air. Sehingga bisa meningkatkan penghasilan para petani sehingga pendapatan para petani juga bertambah.

“Saya berharap tahun depan desa Jambangan dapat program P3-TGAI”, ungkap David. (pri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *