Embung Ringinagung Solusi Petani Di Musim Kemarau

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET|Magetan, _ Air adalah sumber daya yang vital dalam kehidupan manusia. Tidak ada satu pun tanaman pertanian dan ternak yang tidak membutuhkan air. Pembangunan embung di Desa Ringinagung kec/kab Magetan, merupakan salah salah satu solusi bagi petani dalam pemenuhan akan kebutuhan air terutama di musim kemarau.

Papan Proyek Embung

Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Magetan Yuli K Iswahyudi mengatakan, “embung merupakan bendungan dalam bentuk mikro di lingkungan pertanian, dengan tujuan pembangunan embung di Ringinagung untuk menampung air dan digunakan pengairan bagi lahan pertanian di Desa Ringinagung, untuk pemenuhan air bagi petani di Ringinagung pemerintah membangun embung, serta sebagai penangan banjir di kota Magetan khususnya”, kata Yuli.

Bacaan Lainnya

Secara operasional sebenarnya embung berfungsi untuk mendistribusikan dan menjamin kontinuitas ketersediaan pasokan air untuk keperluan tanaman musim kemarau dan penghujan.

Dijelaskan pembangunan embung ini menelan anggaran sekitar 200 juta bersumber dari APBD dan dikerjakan oleh CV Estetika dengan luas sekitar 2 hektar dengan pengerjaan 30 hari kerja.

Kedepan jika ada alokasi anggaran akan dilakukan pengembangan pembangunan di sekitar embung. Dengan harapan pembuatan embung ini adalah solusi petani pada musim kemarau atupun musim penghujan dan dapat meningkatkan produktifitas invensitas tanam, dan pendapatan petani. (pri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *