Reses Wakil Ketua DPRD Michael Edy Hariyanto, Fokus Pada Menggerakkan Ekonomi Masyarakat

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET.| BANYUWANGI – Reses II Wakil Ketua DPRD Banyuwangi dari Fraksi Demokrat Michael Edy Hariyanto, SH digelar di Desa Gintangan Kecamatan Blimbingsari Senin 05/10/2020.

Turut hadir mendampingi Michael diantaranya H. Ngatoyo (Wk. Ketua DPC Partai Demokrat), Julisetyo Puji Rahayu (Sek. DPC Partai Demokrat), Iwan Rudiyanto, SH (Ket. Bappilu DPC Partai Demokrat) dan jajaran pengurus DPAC Partai Demokrat Kecamatan Blimbingsari.

Dihadirkan dalam Reses Kepala Desa Gintangan Hardiyono, para Kadus, Tokoh Masyarakat perwakilan dari dusun-dusun, Tokoh perempuan, dan Tokoh Pemuda Desa Gintangan. Terlihat juga sebagai undangan Kepala Desa Sukojati Untung Suripno, dan Kepala Desa Badean Nursamsi. Mendukung lancar jalannya acara Reses hadir Bhabinkamtibmas juga Babinsa Desa Gintangan.

Jalannya acara dipandu oleh Kader Demokrat si cantik Kristin. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang didirijeni oleh Julisetyo Puji Rahayu (Sek. DPC Partai Demokrat). Demi lancarnya pelaksanaan Reses dilakukan doa bersama oleh seorang Ustad setempat.

Sebagai yang berketempatan acara Reses Kades Gintangan Hardiyono dimohon berkenan memberikan kata sambutan. Yang mana dalan sambutannya Kades Hardiyono awali dengan menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota/Wakil Ketua DPRD Michael Edy Hariyanto, SH. Yang telah memilih Desa Gintangan sebagai tempat karena dilaksanakannya Reses.

“Tentu Reses ini dalam rangka serap aspirasi warga kami, mudah-mudahan Bapak Michael bisa mengakomudir usulan warga kami dan bermanfaat bagi warga kami”, ucapanya.

Karena dalam masa covid 19 dan Gintangan masuk zona merah. Kades Hardiyono melalui forum tersebut mengingatkan warganya untuk selalu taati protokol kesehatan.

Setelahnya acara diambil alih oleh Michael Edy Hariyanto Wakil Ketua DPRD Fraksi Demokrat yang punya hajat Resesnya. Dijelaskannya bahwa Reses adalah kewajiban anggota DPR temui masyarakat untuk serap aspirasi. Michael minta kepada yang hadir untuk memanfaatkan Reses sebagai sarana menyampaikan aspirasi dan keinginan dengan sebaik-sebaiknya.

Namun sebelumnya Michael lagi-lagi singgung soal Covid 19, di mana Michael menghimbau agar masyarakat patuh protokol kesehatan, apalagi Gintangan masuk zona merah. Jangan remehkan virus corona karena belum ada obatnya. Dan karena belum ada obatnya solusi paling tepat cegah penularan virus corona hanya dengan cara patuhi protokol kesehatan.

Berikut Michael sekilas sosialisasi tentang Pilkada, disampaikan bahwa calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi diantaranya disebutlah nama calon Yusuf Widyatmoko (Yusuf) dan KH. Muhammad Riza Aziziy (Gus Riza) diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, Partai Golkar, dan Partai Keadilan Sejahtera didukung Partai-Partai Non Parlemen lainnya. Kemudian diperkenalkan juga nama calon Bupati dan Wakil Bupati Ipuk Fiestiandani (Ipuk) dan H. Sugirah (Sugirah) diusung oleh PDI-Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Nasdem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Hanura juga didukung oleh Partai-Partai Non Parlemen lainnya.

Lanjut Michael menjelaskan kenapa Desa Gintangan dipilih menjadi tempat Resenya.

“Reses saya memilih Desa Gintangan ini karena di desa Gintangan banyak yang mendukung Partai Demokrat, meski dalam Pileg kemarin tidak memilih saya tapi memilih caleg demokrat yang lain. Maka meski begitu saya sebagai Ketua Partai merasa berkewajiban sambangi konsituen yang telah mendukung Demokrat di Gintangan ini”, jelas Michael disambut tepuk tangan apresiasi hadirin.

Pada kesempatan itu pula Michael memohon kepada masyarakat Gintangan agar bangunan Rumah Singgah yang telah Partai Demokrat sediakan untuk janda-janda yang tidak punya tempat tinggal. Dirawat dengan baik agar bangunan tersebut masih bisa tetap bisa dijadikan rumah tinggal yang nyaman. Sebelum siesen serap aspirasi dibuka, Michael berikan gambaran bahwa aspirasi yang akan disampaikan diusahakan prioritas programnya mengarah kepada soal pemberdayaan dan kegiatan-kegiatan yang bisa menggerakkan ekonomi masyarakat mengingat dampak Covid 19.

Acara inti yaitu serap aspirasi pun dimulai, dan Michael berikan kesempatan seluas-luasnya kepada hadirin untuk menyampaikan keinginannya. Tokoh Pemuda bernama Nusralam Dusun Krajan menyampaikan keinginannya agar Gintangan memiliki Gedung Serbaguna, untuk menampung kegiatan kerajinan dan seni budaya. Karena Michael faham betul usulan tersebut sangat bermanfaat bagi para pengrajin anyaman bisa untuk menampung dan tempat pameran karya-karya kerajinan dan seni budaya, Michael Acc usulan Nursalam dan diminta untuk segera susun anggarannya.

Berikut Kepala Sekolah TK Muslimat NU keluhkan Gedung Sekolahnya bocor kalau hujan, ada BOP tapi tidak bisa untuk pembangunan fisik, kebutuhan 30 juta. Usulan ini pun Michael kabulkan dan akan dikoordinasikan dulu dengan anggota DPR yang khusus di bidang pendidikan. Sementara Dariyono Ketua Gapoktan keluhkan kelangkaan pupuk. Merespon usulan Ketua Gapoktan, Michael menjelaskan masalah kelangkaan pupuk subsidi karena memang kebutuhan pupuk subsidi di Banyuwangi dipotong 50 % oleh Pemerintah.

“Langkanya pupuk subsidi perlu bapak ketahui karena dipotong alokasinya 50 %, kebutuhan yang seharusnya sekitar 66 ribu ton hanya diberi 31 ribu ton. Karena itu ada yang sengaja sengaja menghantam distributor dan dicurigai. Padahal langkanya pupuk karena dipotong oleh 50 % alokasinya. Kalau memang ada distributor yang main-main sengaja menimbun pupuk sehingga membuat petani susah mendapatkan pupuk, saya akan tindak tegas”, jelasnya menanggapi usulan Dariyono Ketua Gapoktan.

Usulan-usulan yang lain dari Husaini mewakili Aliansi Buruh Ceketer dan Karang Taruna mohon solusi adanya lapangan pekerjaan untuk pemuda Gintangan Michael berjanji akan dicarikan solusinya. Dan permintaan Pavingisasi di Dusun Gumukagung dikabulkan diminta segera kirim volume kebutuhan dan titik lokasinya. Tentang usulan bedah rumah sudah sejak Reses sebelumnya diajukan namun tidak direalisasikan entah alasannya apa. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *