Reses Anggota DPRD Fraksi Demokrat Emy Wahyuni, Fokus Program Perbaikan Ekonomi Masyarakat

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET.|BANYUWANGI – Anggota DPRD Banyuwangi dari Fraksi Demokrat Emy Wahyuni yang juga selaku Ketua Komisi III, gelar Reses II di Desa Ringintelu Kecamatan Bangorejo Minggu 04/10/2020.

Dihadirkan dalan acara Reses tersebut Michael Edy Hariyanto, SH (Ketua DPC/Wakil Ketua DPRD), H. Ngatoyo (Wakil Ketua DPC), Julisetyo Puji Rahayu (Sekertaris DPC), jajaran pengurus DPAC Demokrat Kecamatan Bangorejo, Kepala Desa Ringintelu, dan Tokoh masyarakat perwakilan se desa Ringintelu.

Reses diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa bersama. Jalannya acara dipandu oleh Sekertaris DPC Julisetyo Puji Rahayu. Sebelum Reses dimulai terlebih dahulu dimohon berkenannya Kepala Desa Ringintelu (Budi) selaku yang berketempatan untuk memberikan kata sambutan. Yang mana dalam sambutannya Kades Budi mengucapkan terima kasih desanya dipilih jadi tempat Reses oleh anggota DPRD Fraksi Demokrat Emy Wahyuni.

“Saya atas nama masyarakat desa Ringintelu terima kasih kepada Bu Emy anggota DPRD dari Fraksi Demokrat memilih desa Ringintelu jadi tempat Reses. Dan ini mungkin untuk pertama kalinya desa Ringintelu diadakan Reses oleh anggota DPRD”, kata Kades Budi disambut tepuk tangan hadirin.

Kades Budi berharap semoga apa yang menjadi aspirasi masyarakat desa Ringintelu bisa terkafer semua. Karena tidak semua program pembangunan di desa bisa terkafer hanya mengandalkan dana ADD dan DD. Kades Budi titip ada perbaikan jalan yang pernah dibangun melalui program P2JD sudah rusak semua mendapatkan perhatian melalui Reses tersebut.

Setelahnya acara sepenuhnya dibawah kendali Emy Wahyuni selaku anggota DPRD dari dapil 4 yang melakukan Resesnya. Awali Resesnya Emy Wahyuni sampaikan beberapa patah kata. Pada dasarnya Emy menggarisbawahi apa yang disampaikan oleh Kades Ringintelu. Bahwa sekarang ini karena covid 19 ini ekonomi menurun. Bahkan Emy mengutip statemen Menteri Keuangan Srimulyani bahwa Negara sudah berada diambang resesi sejak awal September.

Lanjut diuraikan oleh Emy sebagai pemahaman kepada hadirin, “Artinya begini ketika anggaran di pusat sudah tidak ada otomatis di Kabupaten Banyuwangi berkurang.

“Oleh karena itu, Kepala Desa harus pinter-pinter untuk berhubungan dengan anggota Dewan mencari solusi program pembangunan di desanya. Dan anggota dewan melalui Reses untuk mengkafer program-program pembanguan di desa yang tidak terjangkau oleh program ADD dan DD. Apalagi dana DD sekitar 30 sampai 70 persen dialihkan untuk penanggulangan dampak Covid 19”, urainya.

Karenanya lanjut Emy Wahyuni menegaskan bahwa kemungkinan fokus anggaran ke depan selama Covid adalah untuk perbaikan ekonomi. Yaitu lebih banyak ke program-program yang mengarah pada perbaikan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang nyaris lumpuh karena dampak Covid 19.

Berikut Emy membuka ruang waktu kepada hadirin untuk menyampaikan aspirasi dan keinginannya. Usulan-usulan pun berdatangan mulai dari soal kebutuhan LPJU, Pebangunan ruang gedung TPQ dan Musholah, perbaikan jalan desa, dan pavingisasi jalan dusun. Merespon usulan-usulan tersebut mengamininya meski ada syarat yang harus dipenuhi terutama pengajuan anggaran yang bersifat hibah yaitu adanya Kemenkumham. Tak hanya itu karena ada usulan yang nilainya cukup besar, maka Michael Edy Hariyanto, SH berikan sebagian Pokirnya untuk menkafer aspirasi warga Desa Ringintelu. Sehingga Desa Ringintelu di Reses tersebut seolah ketiban rejeki nomplok, karena total anggaran yang akan digelontorkan hampir 1 milyard.

Pada kesempatan tersebut pasca Reses berkenan menyapa warga Desa Ringintelu Michael Edy Hariyanto, SH selaku Ketua DPC dan Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Demokrat. Seperti biasa Michael awali sambutannya menghimbau kepada masyarakat untuk taati protokol kesehatan. Diminta masyarakat untuk tidak menganggap enteng Virus Corona karena masih belum ada obatnya juga sudah memakan korban meninggal dunia.

Michael katakan bahwa kejadirannya selaku Ketua DPC juga selaku Wakil Ketua DPRD, selain sosialisasi tentang Covid 19. Juga memastikan sejauh mana anggota DPR dari Partai Demokrat mau memikirkan masyarakat atau konsituennya.

“Saya ke sini selain mengingatkan bapak ibu warga desa Ringintelu untuk selalu taat protokol kesehatan, juga ingin memastikan apakah anggota DPR dari Partai Demokrat benar-benar memikirkan masyarakat di dapilnya. Karena Reses ini adalah kewajiban bagi anggota DPR bertemu dengan konsituennya atau masyarakat, yang tujuannya serap aspirasi. Saya menekankan kepada semua anggota DPR dari Partai Demokrat, supaya Pokir-Pokir atau Jasmasnya, benar-benar untuk diwujudkan kepentingan masyarakat”, ungkap Michael.

Salah satu warga bernama panggilan Yanto yang turut hadir di acara Reses, dikonfirmasi mengaku sangat berterima kasih kepada Partai Demokrat terutama kepada Emy Whyuni juha Michael Edy Hariyanto.

“Matur nuwun sanget dateng Mbak Emy sama Pak Michael ugi dulur-dulur pengurus Partai Demokrat, sampun sudi nyukani bantuan kangge deso Ringintelu. Mugi-mugi Partai Demokrat tambah maju ugi diremeni rakyat. (Terima kasih kepada Mbak Emy dan Pak Michael juga saudara-saudara pengurus Partai Demokrat yang telah sudi memberikan bantuan untuk desa Ringintelu. Semoga Partai Demokrat tambah maju dan disenangi rakyat”, tutur Yanto dengan polosnya. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *