Rakor FKPRM Lintas Jawa Timur, Media Online Mempunyai Hak Yang Sama

KABAROPOSISI.NET|Magetan, – Pimpinan Redaksi (Pimred) dan Pimpinan Perusahaan Media Jawa Timur, melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Redaksi Media (FKPRM) Jawa Timur, di Hotel Nirwana Telaga Sarangan Plaosan Magetan, pada hari Jumat dan Sabtu, 25-26 September 2020.

Puluhan media online dan cetak yang tergabung di FPRDM Jawa Timur tersebut, membahas rakor permaslahan tentang perusahaan Pers yang dipimpin langsung oleh Ketua FKPRM Agung Santoso, Jumat malam (25/9/2020).

“Dalam rakor ini, para Direktur dan pimred membahas 5 pokok permasalahan. Diantaranya tentang badan hukum perusahaan Media, Uji kompetensi jurnalis (UKJ), pembentukan Asosiasi Advokat Media (AAM), Perpustakaan Pers, dan Alokasikan Anggaran Belanja Media dari Pemerintah Daerah,” kata Agung Santoso, Jumat malam, (25/9).

Dijelaskan Agung, mendasar dari Undang-Undang Pers Nomor 40 tahun 1999 menyebutkan, bahwa Pemerintah Daerah dapat bekerja sama dengan Media yang sudah berbadan hukum, dan tidak harus terverifikasi dewan pers.

“Sudah banyak bahan yang telah kita kupas. Dalam rakor tersebut, kita sudah sepakat untuk membentuk Asosiasi Advokad Media sebagai pelindung hukum, dan merencanakan Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) yang akan bekerja sama dengan Kominfo Kabupaten/Kota,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu Pimred dari media Republiknews mengungkapkan, bahwa kebijakan Dewan Pers hanya berlaku bagi pengikut-pengikutnya saja. Yang mana notabenenya sebagai media terverifikasi Dewan Pers belum tentu menjadi jaminan bahwa media tersebut sudah memiliki integritas tinggi.

“Wartawan yang bersertifikat dan media yang terverifikasi Dewan Pers kemampuannya masih dipertanyakan. Faktanya, banyak media atau wartawan yang belum bersertifikat tapi memiliki integritas yang sangat tinggi.” Jelas Simon. (25/9).

Diketahui bahwa, hadir dalam acara tersebut, Ketua FKPRM Jawa Timur Agung Santoso, Ketua DPRD Magetan Sujadno, Penasehat Hukum Kikis SH, dan sebanyak kurang lebih 59 orang Pemimpin Perusahaan dan Pimpinan Redaksi Media online se-Jawa Timur. (Ren/pr@)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *