Bersumber Dari APBD, Sebanyak 48 SD Di Kabupaten Bangkalan Akan Terima DAK

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET.|BANGKALAN –Sebanyak 48 Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kabupaten Bangkalan Madura Jawa Timur, dalam waktu dekat akan terima kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) bersumber dari APBD.

Hal tersebut disampaikan oleh Mohammad Toha Kasi Kelembagaan Sarana Prasarana (Sarpras), menurutnya beberapa tahapan sudah dilalui, seperti halnya penanda tanganan M.O dan sosialilasi serta gambar.

Bacaan Lainnya

“Untuk saat ini sudah masuk ke ranah SPP, dalam waktu dekat kegiatan itu akan dilaksanakan, sebab dikeuangan masih diverifikasi. Nanti setelah SPP geser ke BPKAD dan disana masih nunggu SP2D nya,” KataToha, rabu (22/7).

Lebih lanjut Toha menjelaskan perihal total anggaran DAK yang ada di Dinas Pendidikan mencapai 10 milyar dengan jenis kegiatan, diantaranya Rehab Gedung Sekolah, RKB, UKS, Ruang Guru, Jamban, serta afirmasinya rumah dinas.

“Secara keseluruhan anggaran DAK itu 10 milyar, tapi untuk jadwal pengerjaannya, setelah anggaran masuk ke rekening sekolah masing-masing dengan Jangka waktu pengerjaan selama 4 bulan hingga 5 bulan. Tapi Yang jelas bulan Desember progres bangunannya sudah harus 100 persen,” Jelasnya.

Selain itu, dirinya juga menegaskan bagi sekolah yang mendapat DAK tersebut, agar tidak di subkontrakan kepada rekanan sebab harus dikerjakan secara swakelola.

“Jika terdapat sekolah mengsubkontrakan kepada rekanan maka kita akan tegor mas, karena itu sebuah pelanggaran, dan kami komitmen mengawal kegiatan ini hingga tuntas. Yang jelas itu sebuah pelanggaran jika di subkontrakan kepada rekanan,” Ucapnya. (Sul)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *