Siapa Gus Munib..? Inilah Jawabannya Kenapa Dipandang Layak Maju Jadi Bupati Banyuwangi

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET.|BANYUWANGI – Aroma Politik Pemilihan Kepala Daerah (Pil Bup Cawabup) Kabupaten Banyuwangi 2020 semakin semerbak. Beberapa nama Bakal Calon (Balon) bermunculan, bahkan ada beberapa yang kenalkan diri masing-masing dengan cara pasang benner.

Salah satu nama yang ramai jadi konsumsi publik digadang-gadang untuk maju jadi Calon Bupati Banyuwangi adalah H. AHMAD MUNIB SYAFA’AT, Lc.,M.E.I. Yang lebih akrab dengan sapaan nama GUS MUNIB SYAFA’AT dan tak lain adalah putra kandung dari sosok Kiyai besar dan kharismatik Almarhum KH. MUKHTAR SYAFA’AT pendiri Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Desa Karangdoro Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi.

Tentu cukup beralasan kenapa sosok pria muda energik dengan sebutan nama GUS MUNIB SYAFA’AT digadang-gadang atau dipandang layak untuk maju jadi calon Bupati Banyuwangi. Membayar rasa penasaran publik inilah selayang pandang tentang siapa GUS MUNIB SYAFA’AT hasil penelusuran media.

GUS MUNIB SYAFA’AT diketahui oleh banyak kalangan adalah sosok yang memliliki intelektual mumpuni, religius, dan punya pengalaman matang bidang organisasi juga birokrasi. Karir keilmuannya dimulai dari menjadi siswa di TK Blokagung, SD Darussalam Blokagung, MTs. Al-Amiriyah Blokagung dan SMEA Darussalam Blokagung.

Untuk pendidikan tingginya GUS MUNIB SYAFA’AT lakoni diantaranya sandang gelar S1 di Universitas Al-Ahgaff Yaman, untuk S2 nya ditempuh di UIN Sunan Ampel Surabaya, dan yang masih dilakoninya sampai sekarang adalah sebagai Mahasiswa Progran S3 (Doktoral) UNEJ Jember ambil jurusan Ekonomi Pembangunan.

Selain pendidikan formal, GUS MUNIB SYAFA’AT juga ngangsu ilmu lewat pendidikan non formal diantaranya di Ponpes Darussalam Blokagung Banyuwangi, Ponpes Al-Anwar Sarang Rembang pada KH. MAIMOEN JUBAIR. Dan tercatat pernah mengikuti Program Edukasi Management di Universitas Leeds, West Yorkshire di Inggris.

Latarbelakang keilmuan formal dan non formal yang luar biasa itu mengantarkan GUS MUNIB tekuni Profesi dan jabatan diantaranya sebagai Sekertaris Umum Yayasan Pondok Pesantren Blokagung, Kepala KOPPONTREN UASATH, Rektor IAIDA Blokagung, dan Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi Fraksi PKB.

Pengalaman GUS MUNIB SYAFA’AT dalam Pemerintahan yakni selama jadi Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi antara lain adalah Anggota DPRD Fraksi PKB di Komisi 1 yang membidangi Pemerintahan, Kesehatan, dan Lingkungan Hidup, Anggota DPRD Fraksi PKB di Komisi 4 membidangi Pendidikan, Pembangunan, dan Kesejahteraan Rakyat, Anggota Badan Anggaran (Banggar), Anggota Badan Kehormatan, dan Anggota Panitia Khusus (PANSUS) Peraturan Daerah (PERDA).

Sementara pengalaman dalam keorganisasian diawali dari menjadi Ketua OSIS SMEA Darussalam Blokagung, lanjut jadi Ketua Himpunan SantriĀ  Sarang, Asli Banyuwangi, Ketua Himpunan Mahasiswa Indonesia di Yaman, Ketua Umum Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Yaman, Ketua Himpunan Mahasiswa Indonesia di Universitas Al-Ahgaff Yaman, Ketua Tanfids PCI NU Banyuwangi, Sekertaris Umum RMI NU Banyuwangi dan Ketua RMI Banyuwangi.

Uraian profilnya jadi alasan tidak diragukannya lagi kenapa GUS MUNIB SYAFA’AT santer dan ramai jadi pembincangan publik juga impian masyarakat untuk jadi Bupati Banyuwangi periode mendatang. Dengan jargon ikhtiarnya yang sederhana yaitu “SEDULUR BENING” (Bermanfaat, Ngelayani, Tur Ngayomi). (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *