MENYERAMKAN TAPI JADI REBUTAN

  • Whatsapp

Kabaroposisi.net.|Banyuwangi – Penampilan seram simbul keberingasan, tak jarang membuat banyak orang menjauh ketakutan. Namun beda dengan yang satu ini, tampilan menyeramkan tapi justru jadi rebutan.

Desa Alasmalang Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi dikenal khalayak umum baik dalam maupun luar Kabupaten Banyuwangi. Karena kegiatan ritual adat yang disebut “Kebo-Keboan” yang biasa digelar tahunan setiap bulan “Syuro”. Pada kegiatan ritual adat itu ada tampilan beberapa orang yang didandani dan diberi peran akting seolah hewan “Kerbau”.

Akhir-akhir ini tak perlu lagi menunggu ada kegiatan ritual adat di Desa Alasmalang kalau ingin melihat tampilan dan akting menakutkan “Kebo-Keboan” itu. Cukup datang ke Pasar Kuliner Wit-Witan setiap hari Minggu pasti akan mendapatkan beberapa orang yang berpenampilan dan berakting layaknya hewan “Kerbau” atau “Kebo-Keboan” itu.

Kalau pada kegiatan ritual adat “Kebo-Keboan” tak satupun pengunjung yang berani mendekat. Tapi di Pasar Kuliner Wit-Witan pengunjung justru berebut ingin ambil gambar bersama “Kebo-Keboan”. Hanya saja memang tetap harus berhati-hati, bukan karena keberingasannya melainkan karena jaga bajunya supaya tidak kenak sentuh hitamnya arang.

Berpenampilan sebagai “Kebo-Keboan” dilakukan oleh Atim dan kawan-kawannya itu, setidaknya cukup membantu penghasilan. Karena setiap pengunjung yang ingin foto bersama pasti memberikan imbalan. Lumayan Atim dan kawan-kawannya bisa berbagi penghasilan tak kurang dari 200 ribu rupiah di Pasar Kuliner Wit-Witan Alasmalang itu.(r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *