Waspadai Covid-19, Patung Petani Jadi Media Pesan Moral Disipilin Bermasker

  • Whatsapp

Kabaroposisi.net.|Banyuwangi – Semakin meningkatnya kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seolah jadi teror yang menghantui kehidupan masyarakat dalam kesehariannya. Berbagai upaya dilakukan agar terhindar dari terjangkitnya Virus Corona yang menulis lakon dengan judul Covid-19 itu. Salah satu upaya yang dinilai cukup efektif adalah disiplin menggunakan masker dalam beraktivitas baik di dalam maupun di luar rumah.

Berbicara soal disiplin memakai masker, Senin 06/07/2020 media mendapati sebuah pemandangan menarik sekali di Desa Kemiri Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi yang bisa jadi tidak pernah ditemukan di tempat lain. Yaitu pemakai masker yang sangking disiplinnya, sedetikpun masker tidak pernah lepas dari wajahnya.

Bacaan Lainnya

Pertanyaannya siapa yang sebegitu disiplinnya mematuhi anjuran protokol kesehatan memakai masker itu ? Jawabannya adalah “Patung Petani” di RTH TAMBORA Desa Kemiri.

Bermula dari keseriusan Pemerintah Desa Kemiri dan Karangtaruna dalam menghimbau masyarakat untuk patuhi protokol kesehatan putus mata rantai penularan Covid-19. Sehingga ada ide untuk memakaikan masker pada sosok “Patung Petani” tersebut.

Panti Utomo Kepala Desa Kemiri saat dikonfirmasi soal “Patung Petani” kepada media memberikan penjelasannya.

“Begini mas…kami Pemerintah Desa juga adik-adik Karangtaruna tak bosan-bosannya mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan salah satunya adalah wajib pakai masker. Kita tahu semua, membangun kesadaran masyarakat untuk disiplin pakai masker tidak mudah. Justru kami yang mengingatkan ini dituntut untuk sabar melakukan ini. Yang pasang masker di patung itu mungkin adik-adik Karangtaruna dan itu bisa jadi pesan moral untuk masyarakat juga pada diri saya. Saya saja kalau lupa pakai masker dan kebetulan lewat melihat patung bermasker itu jadi sadar “o iya ya saya tidak pakai masker”, saya berhenti dan langsung pakai masker. Patung saja pakai masker kenapa kita tidak,” ujar Panti utomo.

Harapannya semoga saja warga baik dari luar maupun dalam desa Kemiri, yang lupa pakai masker ketika melihat patung itu ingat pakai masker “, harap Kades Panti.

Terlihat pada bagian bawah “patung petani” yang disiplin bermasker itu terpasang benner SOP protokol kesehatan dengan judul ” Semua Pakai Masker ” dan himbauan-himbauan lainnya. Selain itu Kades Kemiri menambahi keterangannya mengaku setiap hari dimobilnya siapkan puluhan masker. Dimaksutkan untuk diberikan kepada warganya yang kedapatan di jalan atau di luar rumah tidak pakai masker. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *