LSM Suara Bangsa Menjawab Kekhawatiran Terjadinya Abrasi Karena Normalisasi

  • Whatsapp

Kabaroposisi.net. Banyuwangi – Sebagaimana diberitakan sebelumnya di kabaropososi.net, ada kekhawatiran pemilik tambak terjadinya abrasi. Lantaran kegiatan normalisasi oleh Lsm Suara Bangsa di sungai Blibis Desa Patoman Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi.

Lsm Suara Bangsa melalui Ketuanya H. Suyoto (Mbah Yoto), menjawab dengan adanya fakta kegiatannya di lapangan. Sebelumnya Mbah Yoto pernah menyampaikan salah satu alasan dilakukan normalisasi. Adalah menyelamatkan lingkungan dari ancaman banjir juga berencana dibuatnya RTH untuk pemberdayaan masyarakat dan lainnya.

Pantauan media Kamis 02/07/2020 pengerjaan hari ini, Lsm Suara Bangsa buat tanggul perbaiki tebing pada sisi utara aliran sungai. Menurut Mbah Yoto, bila tanggul-tanggul itu sudah sempurna maka aliran air sungai Blibis dari arah barat akan lurus ke arah timur tidak menabrak tebing sisi utara lagi.

“Maksut saya ya kan seperti yang sampean lihat ini mas, kalau tanggul perbaikan tebing ini sudah selesai maka aliran sungai tidak lagi nabrak tebing sisi utara tapi akan lurus ke timur. Lalu apanya yang dimaksut takut terjadi abrasi, takut tebing ambrol dan segala macamnya itu. Mestinya datang temui saya di lokasi dilihat dulu, duduk bersama dibicarakan bersama, tanyakan dulu apa yang kami kerjakan, tujuannya apa. Tidak ujuk-ujuk kemudian ngerecoki takut ini takut itu main tutup akses jalan yang sudah jadi fasilitas umum”, ujar Mbah Yoto kepada awak media.

Masih kata Mbah Yoto yang diketahui Aktivis senior bumi Belambangn itu,

“Kalau normalisasi selesai, tebing sungai sudah bagus dan aman dari abrasi, kedalaman sungai memadahi mampu menampung debet air, dan bisa untuk sandar perahu nelayan, ada area untuk buat RTH. Lalu petanyaannya siapa yang diuntungkan dalam hal ini ?”, pungkasnya. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *