Kadinsos Blora Menyampaikan Beberapa Bantuan Sudah Tersalurkan

  • Whatsapp
Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Blora

KABAROPOSISI.NET|Blora, _ Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Blora Indah Purwaningsih menyampaikan konfrensi pers hari minggu (14/06/2020) di media center Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kabupaten Blora.

” Saat ini sedang dilakukan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI untuk tahap II dengan total sasaran 9.233 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Berharap minggu ketiga bulan ini sudah selesai penyalurannya,” jelasnya

Bacaan Lainnya

” Program untuk bantuan sosial (bansos) sembako perluasan melalui Himpunan Bank Rakyat Indonesia (BRI) total jumlah penerima 33.957 KPM sekabupaten, sudah pada tahap diselesaikan pembagian Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS) dan sebagain besar sudah di top up saldo sebesar Rp400.000,00 – Rp600.000,00.

“ Jika E Warong BRI yang ditunjuk sudah siap sembakonya maka Penerima manfaat atau KPM sudah dapat melakukan transaksi,” ungkapnya

Untuk Program Jaring Pengaman Ekonomi (JPE) tahap Awal berasal Pemerintah Propinsi Jawa Tengah, kegiatan menjahit masker non medis. ” Jumlah masker yang dijahit sebanyak 1.500 buah tiap kelompok dengan ongkos jahit Rp3.000,00/masker. Semua Bahan dan kelengkapannya dibantu Pemprov Jateng melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa Tengah, pada April hingga Mei 2020. “Sasarannya 480 orang atau 48 kelompok Pekka, kader PKK dan perempuan rentan lainnya,” Urainya.

Lebih lanjut Total masker yang diproduksi 72.000 buah dan dialokasikan 20% dikembalikan ke DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah dan 40% untuk Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Blora dan sudah diserahkan Senin (8/6/2020) sebanyak 28.000 masker.

Sementara itu untuk penyaluran Jaring Pengaman Sosial (JPS) Pemprov Jateng tahap satu sudah mulai disalurkan sejak 10 Juni 2020 dengan sasaran penerima manfaat KPM sejumlah 6.266, dalam bentuk sembako senilai Rp200.000. Melalui kantor Pos diberikan selama tiga bulan (Mei, Juni, Juli).

Untuk JPE tahap kedua nantinya disesuaikan dengan kondisi new normal pada bulan Juli 2020 dengan jenis kegiatan yang relevan dengan tatanan new normal yaitu pembuatan face shield, dengan sasaran berbeda dari tahap sebelumnya.

Menurut Indah Purwaningsih kegiataan penyaluran JPS Bansos Kabupaten Blora tahap I sudah selesai dilaksanakan untuk 15.767 KPM, ” Diharapkan sudah bisa disalurkan melalui kantor Pos minggu depan dan untuk JPS perantau yang terdata melalui Komunitas Perantau Blora (Kopra) sebanyak 755 perantau,” harapnya. (GaS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *