Polresta Banyuwangi Lakukan Pembinaan Keberadaan Kampung Tangguh

  • Whatsapp

Kabaroposisi.net (Banyuwangi)

Pembentukan dan keberadaan “Kampung Tangguh” nampaknya menjadi hal yang dipandang perlu dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang masih belum bisa dipastikan masa berakhirnya. Informasi yang berkembang cikal bakal program “Kampung Tangguh” digagas Forpimda Provinsi Jawa Timur yang mana kabarnya Launching pertama kali digelar di Malang.

Kini program “Kampung Tangguh” mulai diterapkan di beberapa wilayah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. Termasuk beberapa desa di Kabupaten Banyuwangi salah satunya terpantau media keberadaan “Kampung Tangguh Semeru” yang ada di Dusun Wijenan Kidul Desa Singolatren Kecamatan Singojuruh. Pasalnya Forpimka Singojuruh memberikan kepercayaan kepada masyarakat Dusun Wijenan Kidul Desa Singolatren sebagai percontohan adanya “Kampung Tangguh”. Tiga Pilar Desa Singolatren (Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa) sinergi melakukan upaya-upaya pembinaan didukung oleh Forpimka Singojuruh dalam hal ini Camat, Kapolsek, dan Danramil Kecamatan Singojuruh.

Keberadaan “Kampung Tangguh Semeru” Desa Singolatren mengundang perhatian Polresta Banyuwangi untuk mengedukasi dan melakukan pembinaan. Dalam rangka itu Jumat 29/05/2020 Polresta Banyuwangi lakukan kunjungan dan tinjau lapangan evaluasi sejauh mana kesiapsiagaan “Kampung Tangguh Semeru” yang ada di Dusun Wijenan Kidul Desa Singolatren Kecamatan Singojuruh.

Sekira pukul 09:00 Wib rombongan Polresta diantaranya Kasat Binmas Kompol H. Mustaqim didampingi, Iptu Lita Kurniawan, Iptu Mustamar melakukan cek fisik di lingkungan “Kampung Tangguh Semeru”. Satu per satu sarana prasarana yang tersedia pada 7 Pok Tangguh yang ada dilakukan pengecekan. Pada dasarnya Kasat Binmas Polresta Banyuwangi Kompol H. Mustaqim apresisasi dan menilai kesiapsiagaan “Kampung Tangguh Semeru” sudah bagus. Sesekali terdengar beberapa arahan-arahan yang sifatnya untuk penyempurnaan item-item tertentu saja.

Tak hanya itu pada sekira pukul 13:00 Wib Kabagop Polresta Banyuwangi Kompol H. Sumartono bersama rombongan menyusul masuk ke “Kampung Tangguh Semeru” Dusun Wijenan Kidul Desa Singolatren Kecamatan Singojuruh. Saat hendak memasuki “Kampung Tangguh Semeru”, Kabagop Kompol H. Sumartono disambut oleh petugas di pintu gerbang diajukan beberapa pertanyaan bahkan dilakukan tes suhu menggunakan Termogan. Setelah itu Kabagop bersama rombongan dipersilahkan mamasuki lingkungan “Kampung Tangguh Semeru”.

Seperti yang dilakukan sebelumnya oleh Kasat Binmas Polresta Banyuwangi Kompol H. Mustaqim, Kabagop Kompol H. Sumartono lakukan cek ke tiap-tiap Pok Tangguh didampingi oleh Kepala Desa Singolatren Apandi, Kapolsek Singojuruh Iptu Abd. Rohman, Danramil 0825/13 Singojuruh Letda Cba Wailik, Ketua Kampung Tanguh Semeru Sunaryo AP. Usai melakukan pengecekan di tiap Pok Tangguh, Kabagop beramah tamah sembari memberikan pembinaan tentang “Kampung Tangguh”.

Diawali dengan pidato penyambutan oleh Kepala Desa Singolatren Apandi. Yang mana Kades Apandi pada kesempatan itu, mohon arahan dan binaan dari Polresta dalam hal ini diwakili oleh Kabagop Kompol H. Sumartono. Kades Apandi juga menyampaikan ucapan terima kasih atas berkenannya Polresta datang ke lingkungan “Kampung Tangguh Semeru” Dusun Wijenan Kidul di Desanya.

Dalam pembinaannya kepada Pengurus “Kampung Tangguh Semeru” Kabagop Kompol H. Sumartono sampaikan paparan item-per item tentang apa itu Kampung Tangguh, Pok Tangguh Informasi, Pok Tangguh Logistik, Pok Tangguh Transportasi, Pok Tangguh SDM, Pok Tangguh Ekonomi, Pok Tangguh Budaya, Pok Tangguh Agama, Pok Tangguh Kesehatan dan Psikologi. Sekilas terdengar ungkapan segar dari Kabagop Kompol H. Sumartono bahwa secara keseluruhan apa yang telah disiapkan oleh pengurus “Kampung Tangguh Semeru” Dusun Wijenan Kidul Desa Singolatren sudah bagus dan memenuhi SOP tinggal ada beberapa hal kecil saja yang perlu dilengkapi. (rh35/ktb).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *