Selain Membuka Posko Pengaduan BLT DD, Pejalan Dan JPKP Beri Santunan Terhadap Masyarakat Kurang Mampu

  • Whatsapp

BANGKALAN Kabaroposisi.net–Perkumpulan Jurnalis Bangkalan bersama Jaringan Pengawas Kebijakan Pemerintah (Pejalan-JPKP) membuka Posko layanan pengaduan masyarakat tentang realisasi anggaran penanganan Covid-19 berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber dari Dana Desa (DD).

Seperti halnya yang datang dari salah seorang warga Dusun Sumber Desa Tanjung Jati Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, dirinya mangaku selama ini belum pernah tersentuh oleh program apapun dari Pemerintah baik dari Pusat maupun dari Desa.

Bacaan Lainnya

“Selama ini kami belum dapat bantuan apapun dari pemerintah mas, padahal saya tidak punya mata pencarian dan ditambah lagi anak saya sakit-sakitan,” keluhnya saat menghubungi Posko pengaduan Pejalan melalui contact personnya.

Haris yang menjabat sebagai Humas Pejalan mengatakan, bahwa maksud dan tujuannya membuka posko pengaduan tersebut untuk memastikan program yang bersumber dari Dana Desa (DD) terealisasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan tepat sasaran.

Selain itu, dirinya juga mengaku siap mengawal dan menerima pengaduan terkait masyarakat yang tidak mendapatkan Bantuan-bantuan yang telah di instruksikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melalui Kementerian Sosial.

“Saat ini kami bersama rekan-rekan Pejalan dan JPKP datang ke lokasi pengadu untuk memastikan perihal pengakuan yang disampaikan ke kami, apakah warga tersebut benar-benar dari kalangan orang yang tidak mampu atau hanya sepintas pengadu saja,” tuturnya.

Lanjut kata dia, sebelum mendatangi ke lokasi pihaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan pihak polsek dan Kepala Desa setempat untuk meminta petunjuk perihal aduan dari warga tersebut apakah identitas pengadu benar-benar dari warga Desa Tanjung Jati.

“Alhamdulillah tadi kami sudah mendapat jawaban dari kepala desa setempat dan beliau mengatakan bahwa mereka adalah salah satu penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan saat ini salah satu dari keluarga mereka namanya sudah masuk dalam data penerima Program Keluarga Harapan (PKH) tambahan,” ujarnya, selasa (12/5) siang.

Sementara itu, Syaiful Anam ketua Bidang KOKPPO DPP J.P.K.Pengawas menuturkan, saat ini pemerintah sedang memproses dan akan segera mencairkan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) untuk masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat wabah Covid-19.

“Selain membuka Posko Pengaduan, kami juga menyalurkan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan yaitu dengan memberikan santunan berupa uang tunai ataupun paket sembako dengan harapan bisa membantu sedikit meringankan beban dari sodara kita,” papar Anam yang juga menjabat sebagai ketua Pejalan. (sul)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *