Patut Ditauladani, Warga Sumberbaru “WL” TKI Asal Taiwan, Taat Jalani Isolasi Mandiri

  • Whatsapp

Kabaroposisi.net (Banyuwangi)

Bermula adanya informasi dari salah satu Relawan yang bertugas di Posko Penanganan Covid-19 perbatasan Kabupaten Banyuwangi – Jember. Bahwa membludaknya pemudik asal luar negeri alias Tenaga Kerja Indonesia (TKI) lolos masuk ke Banyuwangi.

Salah satu diantaranya terpantau awak media Warga berinisial “WL” alamat Dusun Kendal Desa Sumberbaru Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Menurut informasi Relawan Posko Covid-19 disebutkan melalui chat WhatsApp salah satu grup, catatan riwayat perjalan “WL” adalah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang kerja di Taiwan.

Hal tersebut dibenarkan oleh Marsudi Kepala Desa Sumberbaru saat dikonfirmasi kebenaran adanya TKI inisial “WL” yang baru pulang dari tempat kerja yaitu negara Taiwan. Dikatakannya bahwa “WL” sudah paham prosedur melakukan isolasi mandiri.

“Iyo Bung, Adie (Adiknya) ketua Linmas,
Dia sudah paham prosedur standar untuk isolasi diri, hari Rabo itu ke kantor koordinasi, dan keluarga bersedia mengisolasi diri/karantina mandiri”, tutur Kades Marsudi.

Tambah Kades Marsudi, berharap kepada warga yang lain yang datang dari luar kota lokal maupun internasional (TKI). Demi keselamatan bersama dan sayang keluarga serta sanak saudara, hendaknya punya kesadaran yang tinggi seperti “WL”.

“Saya menghimbau pada masyarakat terutama yang berstatus TKI atau pemudik lokalan, untuk punya kesadaran yang tinggi mau mengisolasi mandiri demi keselamatan bersama. Karena kita sama-sama tidak tahu siapa yang berpotensi menularkan Covid-19 atau tidak. Andai kita punya alat deteksi canggih mudah saja kita ambil tindakan, kita bisanya hanya iktiar berupaya memutus mata rantai penyebarannya itu saja”, imbuhnya.

Dan untuk maksimalisasi pantau informasi terkait pemudik atau Orang Dalam Resiko (ODR) di Desanya. Kades Marsudi mengaku bahwa para Kepala Dusun dan RT/RW diminta untuk segera menginformasikan dan berkoordinasi ke Pemdes dan Petugas Kesehatan. (rh35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *