Michael : “Saya Kesini Bukan Kampanye, Tapi Datang Sebagai Kulinya Rakyat”

Kabaroposisi.net (Banyuwangi)

Reses hari ke dua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyuwangi dari Fraksi Partai Demokrat “Michael Edy Hariyanto, SH” yang juga selaku Wakil Pimpinan DPRD Banyuwangi. Jumat malam 7/2/2020 digelar di Desa Bubuk Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi.

Dihadirkan dalam acara Reses tersebut perwakilan tokoh masyarakat dari semua unsur tiap Dusun se Desa Bubuk, tokoh agama, RT/RW, Kadus se Desa Bubuk, BPD, Kepala Desa beserta jajarannya. Hadir pula Kapolsek Rogojampi Kompol Agung bersama beberapa anggotanya. Turut bersama Michael Edy Hariyanto, SH, Sekertaris DPC Julisetyo Puji Rahayu, dan salah anggota DPRD Fraksi Demokrat Emy Wahyuni yang juga selaku Ketua di Komisi 3 DPRD Banyuwangi.

Penyegar suasana hadirin disuguhi hiburan Musik Electone dan Tarian Daerah yang menjadi khas dalam setiap acara- acara resmi di Banyuwangi. Dan mengawali pokok acara, Sekertaris DPC Julisetyo Puji Rahayu sekaligus selaku pemandu acara terlebih dulu menyampaikan apa yang dimaksut Reses kepada hadirin.

“Masa Reses adalah masa di mana anggota DPRD melakukan kegiatan di luar sidang. Tujuan kegiatan anggota DPRD di masa Reses adalah menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen/Rakyat dan menampung pengaduan masyarakat secara umum. Atau dengan kata lain, Reses adalah bentuk konsekwensi politik atau pertanggung jawaban moral anggota DPR sebagai perwujudan perwakilan Rakyat dalam Pemerintahan”, jelasnya, berikut mempersilahkan Kepala Desa Bubuk H. Panhari menyampaikan kata sambutan.

Dalam sambutannya Kades Bubuk mengungkapkan kekagumannya terhadap sosok Michael Edy Hariyanto, SH.

“Kita bangga sekali seorang anggota DPR, seorang wakil Rakyat seperti Pak Michael, yang mana mulai sebelum jadi anggota DPR sampai jadi anggota DPR komitmen sekali pada keinginannya membangun Desa Bubuk. Beliau orangngnya baik sekali, dan setiap ketemu atau kontak saya yang dibahas tentang bagaimana dan program apa yang harus dikerjakan supaya desa Bubuk maju”, ungkapnya dari atas mimbar.

Lanjut sebelum Michael Edy Hariyanto, SH memulai serap aspirasi masyarakat di forum terhormat malam itu. Sekapur sirih disampaikan menyapa hadirin sebagai bentuk penghormatan Michael selaku anggota DPR kepada Rakyat yang diwakilinya di kursi dewan. Supaya masyarakat hadirin lebih mudah mengerti apa tujuan Reses, sekilas Michael mengajak hadirin kembali mengingat masa-masa kampanye.

“Reses ini bukan untuk kampanye, bukan untuk mencari dukungan. Masih ingat bapak ibuk pada masa-masa kampanye saya atau caleg-caleg yang lain punya janji-janji kepada masyarakat. Bahkan dulu pernah saya sampaikan ditempat ini juga, saya siap jadi kulinya Rakyat dan alhamdulillah saya terlipih jadi DPR. Nah pada malam ini melalui acara Reses saya turun ke Desa Bubuk menepati janji kampanye saya, datang sebagai kulinya Rakyat yaitu kulinya njenengan semua. Silahkan apa yang masyarakat Bubuk inginkan sampaikan kepada saya sebagai wakilnya, perintah saya harus bagaimana. Jangan sungkan-sungkan, saya bukan pimpinannya Rakyat tapi wakilnya Rakyat, wakilnya njenengan semua”, lontarnya dengan tulus dan disambut tepuk tangan apresiasi dari hadirin.

Usainya Michael Edy Hariyanto, SH lempar kesempatan diberikan kepada hadirin masyarakat Desa Bubuk dari semua unsur untuk menyampaikan aspirasinya. Sekira ada 12 item permintaan yang disampaikan oleh masyarakat Desa Bubuk dan kesemuanya diakomudir atau direspon positif oleh Michael. Tak hanya itu, ada permintaan masyarakat yang tidak bisa dikafer melalui dana APBD namun tetap disanggupi oleh Michael untuk dicarikan solusinya. Pada kesempatan itu pula Kades Bubuk H. Panhari bersaing dengan masyarakatnya, juga mengajukan permintaan-permintaan beberapa titik lokasi yang harus dibangun dengan scala prioritas.

Pasalnya semua permintaan atau aspirasi masyarakat yang ditampung oleh anggota DPRD melalui acara Reses. Adalah usulan-usulan yang belum atau pernah disampaikan melalui Musrembangdes namun tidak terkafer karena keterbatasan pos anggaran. (rh35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *