Prioritas Program Pemdes Karangbendo Di Musrenbangdes Pemberdayaan Masyarakat

Kabaroposisi.net (Banyuwangi)

Tak ubahnya ratusan Desa yang lainnya, Desa Karangbendo Kecamatan Rogojampi Kab. Banyuwangi. Selasa 21/13/2020 Pukul 07:00 Wib sampai selesai gelar Musrenbangdes Serentak dengan tema “Kemandirian Ekonomi Melalui Pariwisata, Agropolitan Dan SDM Unggul”.

Hadir dalam Musrembangdes Karangbendo, Kepala Desa Karangbendo beserta seluruh staf dan perangkat Desa, Ketua BPD, Ketua Bumdes, LPMD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, unsur Kesehatan, Pendidikan, Linmas, UPTD Pertanian, Tokoh Masyarakat, Ibu – ibu PKK, Karang Taruna, serta seluruh undangan yang hadir.

Kepala Desa Karangbendo Budiharto dalam sambutanya menyampaikan bahwa Musrenbangdes ini adalah merupakan agenda tahunan dari Pemerintah Kabupaten melalui Pemerintah Desa. Dalam Musrenbandes yang sifatnya murni untuk Desa, maka Anggaran Desa yang diarahkan  untuk Desa itu sendiri. Mengenai anggaran untuk Pendidikan TK/PAUD yang merupakan milik Desa atau bukan berbentuk Yayasan, maka sumber anggaran diambil dari Dana Desa. Akan tetapi yang berupa Yayasan karena ini menyangkut masalah pendidikan anak bangsa. Maka Pemerintah Desa berusaha ambil langkah melalui kebijakan kebijakan. Sedangkan untuk Sekolah tingkat SD/SMP/SMA sederajat itu bukan merupakan kewenangan Pemerintah Desa melainkan kewenangan anggaran SKPD. Akan tetapi pengusulanya tetap melalui Musrenbangdes.

Pada kesempatan itu Kades Budiharto menyampaikan laporan atau capaian Рcapaian pembangunan selama masa periode tahun 2014 sampai dengan 2019 kepada masyarakat yang hadir pada Musrenbangdes. Kemudian disampaikan program yang akan dilaksanakan ditahun periode 2020/2025. Program prioritas Pemerintah Desa Karangbendo adalah, pertama pembentukan tim pemburu anak putus sekolah, tim pemburu sampah, tim pemburu kemiskinan. Kemudian program pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pelatihan Kursus sekolah Perhotelan, pelatihan pertanian dan Sekolah Pelayaran, Program PTSL tahun 2021. Serta yang lebih penting lagi peningkatan pelayanan masyarakat yang mana dalam pelayanan publik untuk  Desa Karangbendo sekarang memakai Aplikasi lewat HP Android masing masing warga.

Turut sumbangsih pemikiran dan masukanan Bhabinkantibmas Bripka Dony Yanuwar.

“Singkat saja kami sampaikan semoga dalam pelaksanaan Musrenbangdes di Desa Karangbendo ini programnya bisa berjalan lancar dan bermanfaat untuk Masyarakat. Mari kita dukung bersama. Alhamdulillah saya sampaikan sedikit ada bocoran saya bersama Babinsa merancang sebuah energi untuk Pemerintahan Desa, dan kita lakukan bertahap.” ungkapnya.

Masih kata Bhabinkamtibmas, “Terlepas dari acara Musrenbangdes Polresta Banyuwangi sekarang ada program Garda Blambangan yaitu peningkatan keamanan. Yang kedua program Gema yaitu terkait kemanusiaan seperti pendidikan, kemiskinan dan kesehatan. Dan yang ketiga adalah Gebyar atau gesah bareng yang akan dilaksanakan nanti bersama Kapolresta di desa Aliyan.”.. tambahnya.

Sementara Ketua BPD H. Mun,im menyampaiakan, “Alhamdulillah perjalanan di tahun kemaren BPD bersama Kepala Desa berjalan sukses. Ssmuanya itu tidak terlepas dari kerjasama kita bersama – sama masyarakat. Kalau kita bersatu maka insyaallah mudah untuk memajukan Desa. Saya berharap sebagai BPD sebagai mitra Kepala Desa apapun yang menjadi kegiatan dan program Desa BPD siap mendukung demi kemajuan Desa Karangbendo ini.”..tuturnya

Meski tidak ada sambungan khusus dialogh interaktif dengan Bupati Banyuwangi melalui “Teleconference”. Namun peserta Musrenbangdes Karangbendo bisa mengikuti acara pembukaan Musrenbang oleh Bupati Anas yang dipusatkan di Desa Bubuk Kecamatan Rogojampi. Akhir acara ditutup dengan doa serta makan bersama. (ktb).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *