Pemdes Singolatren Sukses Gelar Musrenbangdes Untuk Tahun Anggaran 2021

Kabaroposisi.net (Banyuwangi)

Sebagaimana beredar informasi bahwa Selasa 21/01/2020 Kabupaten Banyuwangi gelar kegiatan akbar yaitu Musrenbangdes Serentak angkat tema “Kemandirian Ekonomi Melalui Pariwista, Agropolitan, Dan SDM Unggul”. Dan salah satunya adalah Desa Singolatren Kecamatan Singojuruh, yang kebetulan juga ditunjuk mewakili 10 Desa lainnya untuk dialogh interaktif bersama Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Anas, M.Si melalui “Teleconference”.

Hadir dalam Musrenbangdes Singolatren selain delegasi dari tiap Dusun, Camat Singojuruh Trisetia Supriyanto, S.STP.,M.Si, Kepala Puskesmas Singojuruh Supriyadi, Sekcam, Bhabinkamtibmas, Babinsa, BPD, LPMD, Kadus, RT/RW, dan Tokoh Ulama se Desa Singolatren. Sebelum acara dimuli Kepala Desa Singolatren Apandi, Ketua BPD, dan Camat berikan santunan kepada beberapa anak yatim.

Sembari menunggu sambungan “Teleconference” dari Bupati, acara seremony pembukaan Musrenbangdes Singolatren dimulai. Awali formalitas acara setelah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya adalah sambutan Kepala Desa Singolatren Apandi. Di hadapan hadirin Kades Apandi sebut malam ini adalah malam yang penuh berkah dari Allah swt karena malam ini kita semua berkumpul dalam rangka yang Pertama membangun kekuatan tali silaturrahmi semua elemen di Desa Singolatren, dan yang kedua dalam rangka mengikuti agenda tahunan Musrenbangdes yang akan direalisasikan tahun anggaran 2021. Dengan harapan hasil musyawarah nanti bisa mewujudkan Desa Singolatren yang maju, sejahtera, terpercaya, dan bermartabat.

Selanjutnya Kades Apandi kilas balik geber tentang program – program kerja dari dana APBD, ADD dan DD yang sudah direalisasikan pelaksanaannya tahun 2019. Juga menyampaikan program – program yang sedang realisasi dan berkelanjutan di tahun anggaran 2020. Terkait pengerjaan program dan proyek yang bersumber dari ADD dan DD Singolatren Kades Apandi meminta kepada masyarakat untuk turut mengawal kekurangan dan kelebihannya. Diminta menyampaikan apa – apa yang kurang atau belum
dikerjakan dengan baik oleh petugas. Dan dengan tegas menyampaikan,

“Saya tegaskan pada kesempatan penuh barokah ini, dalam pengerjaan program dan proyek di Desa Singolatren yang dananya adalah uang Rakyat melalui APBD, ADD, DD. Jangan sampai ada informasi dan terekspose ke luar dikorupsi oleh jajaran Pemerintahan Desa siapapunn apapun jabatannya”.

Lanjut Apandi juga sekilas sampaikan keberhasilan yang sudah dicapai sejak di masa jabatannya jilid satu dan jilid dua yang sedang berjalan. Apakah dalam bidang pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pertanian, dan pemberdayaan masyarakat dan BUMDES. Kades Apandi klaim bahwa capaian dan keberhasilan yang ada di Desa Singolatren selama ini, bukan keberhasilan dirinya selaku Kepala Desa melainkan keberhasilan masyarakat Desa Singolatren berkat sinergi yang kuat dan sehat antara Pemerintah Desa, masyarakat, dan Alim Ulama se Desa Singolatren.

Seusainya peserta Musrenbangdes mengikuti acara Pembukaan Musrenbangdes Serentak oleh Bupati Banyuwangi melalui “Teleconference”. Yang mana dalam dialog interaktifnya melalui “Teleconference” Kades Singolatren Apandi sempat diguyoni oleh Bupati Anas bahwa Kades Apandi dilihat dari posturnya pantas jadi Bupati Banyuwangi. Pada kesempatan itu Kades Apandi melalui “Teleconference” kepada Bupati Anas menyampaikan beberapa permohonan yaitu penguatan ekonomi, peningkatan honor untuk guru ngaji, dan pelebaran jalan. Sementara Camat Singojuruh Trisetia Supriyanto, S.STP.,M.Si melaporkan bahwa upaya – upaya telah dilakukan untuk bisa mempertahankan dan meningkatkan eksistensi keberadaan Pasar Wit – Witan di wilayah Kecamatan Singojuruh. Dan disampaikan pula bahwa telah berkomitmen dengan para pedagang juga Pokdarwis Alasmalang yaitu kurang lebih dari 2 minggu dipastikan Pasar Wit – Witan akan bebas dari sampah plastik.

Pasca dialogh interaktif bersama Bupati melalui “Teleconference”, Camat Singojuruh berkenan menyampaikan kata sambutan. Dalam sambutannya Camat Trisetia Supriyanto, S.STP.,M.Si kepada hadirin peserta Musrenbangdes selain perkenalkan dirinya yang baru menjabat sebagai Camat di Singojuruh. Mengajak semua elemen masyarakat Desa Singolatren dan Singojuruh secara umum untuk bersinergi dan bekerja sama untuk mewujudkan pembangungan Singojuruh lebih baik ke depannya.

Berikut Ketua BPD Singolatren Sunaryo AP menyampaikan hasil Pra Musrenbangdes yang kemudian diteruskan dengan sidang pleno penetapan hasil Musrenbangdes. Dan akhirnya secara resmi malam itu juga setelah melalui proses yang panjang. Hasil Musrenbangdes Singolatren untuk tahun anggaran 2021 ditetapkan yang kemudian akan jadi bahan pada Musrenbangcam. Menurut Sunaryo AP untuk menuju Musrenbangcam akan datang Pemerintah Desa bersama peserta Musrenbangdes juga telah menyiapkan delegasi – delegasinya.

Pungkas acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh KH. Imam Muhtadi Penhasuh Pondok Pesantren Nurul Qur’an. Tuntas sudah pelaksanaan Musrenbangdes Singolatren secara keseluruhan, pesertapun satu per satu beranjak dari tempat duduknya meninggalkan Balai Desa Singolatren. (rh35)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *