BUMDES Singolatren Suntik Modal Pada 100 Warga Pedagang Kecil

Kabaroposisi.net (Banyuwangi)

Upaya pemberdayaan terhadap masyarakatnya oleh Pemerintah Desa Singolatren Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Terus dan terus diupayakan demi mengerakkan ekonomi masyarakat di Desa Singolatren.

Kali ini Pemerintah Desa Singolatren yang dinahkodai Kepala Desa Apandi itu, sasar masyarakat atau wargannya yang punya Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di lingkungan desanya. Dalam rangka itu Sabtu 18/01/2020 sebanyak 100 warga pedagang kecil dihadirkan ke Balai Desa Singolatren untuk menerima suntikan modal lewat Simpan Pinjam BUMDES nya dari Dana Desa (DD). Warga para pedagang kecil sebanyak 100 orang itu menerima suntikan modal sebsar 500 ribu rupiah per orang.

Adapun ketika ditanya alasan budaya silaturrahmi itu dilakukan oleh Kades yang satu ini, kepada awak media menyapaikan.

“Saya harus tahu sekecil apapun permasalahan yang terjadi pada warga saya, dan saya tidak mengandalkan informasi dari Kepala Dusun saja. Untuk itu Kadus yang cerdas dan peka pasti sejalan dengan pemikiran saya, yang tidak cerdas dan tidak peka pada kondisi lingkungannya jangan salahkan kalau masyarakatnya menjauhinya”, tuturnya saat dikonfirmasi sebelum acara dimulai.

Kades Apandi dalam sambutannya kepada warga calon penerima manfaat Simpan Pinjam BUMDES Sigolatren. Memberikan penyegaran supaya memanfaatkan dengan baik bantuan modal tersebut.

“Jangan dilihat besar kecilnya nominal tapi lihatlah segi manfaatnya harus diutamakan. Dan untuk yang sekarang tolong dikelola dengan baik, kalau ini sukses akan saya usahakan tahun 2020 bantuannya melalui simpan pinjam BUMDES nanti lebih banyak lagi. Saya selaku Kepala Desa terus akan berupaya bagaimana masyarakat Singolatren diberdayakan ekonominya”, ungkapnya.

Kades Apandi juga berharap kepada semua Kepala Dusun untuk membantu mengawal program tersebut dengan baik. Dengan harapan kalau pengelolaan kali ini baik dan lancar, maka ke depan akan lebih mudah untuk mendapatkan anggaran yang lebih besar lagi.

Sementara Bendahara BUMDES Singolatren pada kesempatan tersebut menyampaikan beberapa hal yang bersifat tehnis mepadan warga calon penerima manfaat simpan pinjam dari BUMDES. Salah satu warga penerima manfaat ketika ditanya soal bantuan pinjaman modal dari BUMDES kepada awak media menuturkan.

Alhamdulillah dengan bantuan pinjaman modal ini insyaallah bisa berjalan usaha saya pak, saya terima kasih kepada Pak Lurah Apandi sudah memikirkan warganya seperti saya ini Pak. Harapan saya semoga nanti bantuannya bisa ditambah lagi, dan tadi Pak Lurah juga mengatakan kalau ini bisa berjalan baik katanya besok akan diusahakan lebih banyak lagi Pak”, tutur salah satu warga yang awak media lupa kenali identitasnya itu. (ktb/rh35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *