Bupati Pacitan Indartato Melantik 113 Kepala Desa Terpilih

Pacitan Kabaroposisi.net, – Senin, 6 januari 2020 berlangsung di Pendopo kabupaten Pacitan Bupati Indartato Melantik 113 Kepala Desa De kabupaten pacitan.Sesuai surat keputusan Bupati nomor 188.45/1748.1860/KPTS/408.12/2019 kepala desa terlantik terdiri dari 8 Kades wilayah Kecamatan Donorojo, 7 Kades, masing masing wilayah Kecamatan Pringkuku dan Punung, 9 Kades wilayah Kecamatan Pacitan dan 17 Kades wilayah Kecamatan Kebonagung. 9 Kades dari wilayah Kecamatan Arjosari, 8 Kades wilayah Kecamatan Nawangan, 4 Kades wilayah Kecamatan Bandar, 10 Kades Wilayah Kecamatan Tegalombo. 13 Kades Wilayah Kecamatan Tulakan, 12 Kades wilayah Kecamatan Ngadirojo serta 9 Kades dari Kecamatan Sudimoro.

Dalam arahanya Bupati Pacitan Indartato menekankan, Kepala desa harus memperhatikan arah kebijakan pemerintahan yang lebih atas. Apa yang sudah digariskan pemerintah pusat pemerintah desa dapat menjabarkanya. Semuanya harus berkesinambungan guna mewujudkan masyarakat adil makmur dan sejahtera.

“Kita ini adalah sub sistem dari sebuah sistem negara kesatuan Republik Indonesia.” kata Bupati, Senin (06/01/20).

Untuk itu, Bupati Indartato minta kepada Sekretaris daerah (Sekda) dan jajaran untuk memberikan bimbingan kepada kepala desa. Terutama, saat penyusunan RPJMDes agar selaras dengan perencanaan pemerintah kabupaten.

Seperti, menekan angka kemiskinan serta mendorong indeks pembangunan Manusia (IPM) agar lebih baik lagi. Fokus lain adalah meningkatkan sumber daya manusia yang handal agar berdaya saing tinggi. “ Kepala desa sekarang banyak yang sudah berpendidikan tinggi jadi lebih cepat menyesuaikan diri” pungkasnya.

salah satu kades terlantik di Pacitan

Lebih lanjut Bupati mengingatkan kepala desa bahwa dalam menjalankan roda pemerintahan tidak dapat bekerja sendiri. Namun, harus bekerja secara tim. Didesa ada perangkat desa, BPD, LKD, PKK swasta serta masyarakat. Kepala desa wajib memiliki watak “menep” yakni bekerja dengan ikhlas meski mungkin banyak cobaan yang harus dihadapi. Tidak gampang marah serta rendah hati.

Pada kesempatan sama juga dilantik tim penggerak PKK desa oleh ketua tim pengerak PKK Kabupaten Ny. Luki Indartato. (Sus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *