PKH di Kecamatan Mojo Kediri, Perlu Dikaji Ulang

  • Whatsapp

Kediri Kabaroposisi.net, _  Carut marut penerima bantuan progam PKH di wilayah Kediri khususnya di wilayah kecamatan Mojo.

Dengan agenda kegiatan sosialisasi bertujuan kegiatan tersebut untuk menanggulangi kemiskinan di wilayah Kediri khususnya di kecamatan mojo Dengan adanya kegiatan ini, guna menyamakan persepsi tentang program penanggulangan kemiskinan di daerah khususnya di kecamatan Mojo.

Pendamping PKH memberikan sosialisasi

Kegiatan tersebut dilaksanakan di balai desa Ngadi kec Mojo kabupaten Kediri, selama 1 jam dengan peserta sebanyak sekitar 50 orang yang terdiri dari Para Pendamping PKH, Koordinator PKH kecamatan Mojo, perangkat desa setempat serta Pihak-Pihak terkait.

Dengan dilaksanakan kegiatan berharap dapat mengidentifikasikan potensi masalah dan solusi dalam proses pelaksanaan Program Keluarga Harapan di kecamatan Mojo.

Dalam kesempatan itu Nur Huda selaku pengurus PKH menjelaskan, ada 3 komponen kiteria sasaran PKH, yaitu komponen Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraaan!.

“Kriteria komponen kesehatan meliputi, ibu hamil atau menyusui dan anak berusia 0 sampai dengan 6 tahun. Sementara, Kriteria komponen pendidikan meliputi, Anak Sekolah Dasar (SD) sederajat, SMP sederajat, yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun. Kemudian dan Kriteria komponen kesejahteraan sosial meliputi, lanjut usia mulai dari 60 tahun dan penyandang disabilitas diutamakan penyandang disabilitas berat,”papar Nur Huda

Kegiatan ini bisa memberi pencerahan
kepada pendamping mengenai mekanisme, prosedur maupun ketentuan ketentuan yang berlaku dalam proses tahapan penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat.

Selain kegiatan itu juga sangat strategis karena dapat meningkatkan pemahaman  perangkat Desa pengelola dan pendamping PKH mengenai kebijakan dan mekanisme penyaluran bantuan.

Memngingat selama ini masih banyak bantuan program PKH yang tidak tepat pada sasaran.

Arif fatikunnada selaku pembina ormas Swahira ketika di temui awak media, juga membenarkan carut marutnya program PKH khususnya di wilayah desa Ngadi kecamatan mojo kabupaten Kediri
Karena banyak warga yang status janda tidak mampu dan memenui syarat kritreria dari 3 komponen untuk mendapatkan bantuan program PKH, namun tidak pernah menerima bantuan tersebut.

“Penerima program PKH justru warga yang secara ekonomi sudah mapan, Semoga kedepannya pelaksanaan program dan penyaluran PKH untuk tahun depan berjalan dengan baik, dan tepat sasaran,”pungkas Arif. (sul)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *