Kodim 0820/Probolinggo Laksanakan Program Bedah Rumah Tinggal Layak Huni (RUTILAHU)

Kabaroposisi.net. (Probolinggo)

Program kerja Tentara Nasional Indonesia Khususnya Kodim 0820/Probolinggo, tentang membantu percepatan meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia dibidang pembangunan rumah tinggal layak huni dimulai minggu ini, bahan material bangunan dari pemerintah sudah mulai di salurkan kesejumlah titik di wilayah Koramil sejajaran Kodim 0820/Probolinggo.Tahun 2019 ini Kodim 0820/Probolinggo akan memperbaiki Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu) sebanyak 432 unit. Pembiayaannya bersumber dari Bantuan Provinsi Jawa Timur.

“Ada 432 unit rumah yang akan kita bangun dengan pola stimulan, artinya tidak hanya mengandalkan anggaran bantuan provinsi saja tapi juga masyarakat ikut terlibat, termasuk personel kita yang ikut melakukan proses pembangunan,” ucap Dandim 0820/Probolinggo Letkol Inf Imam Wibowo saat melakukan peninjauan beberapa unit rumah di Kecamatan Wonomerto. Kamis (7/11/2019).

Dijelaskan Letkol Inf Imam Wibowo, program bantuan Rutilahu dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur tersebut dalam pelaksanaannya melibatkan TNI mulai dari tingkat Kodam, Kodim, Koramil dan Babinsa. Hal ini, kata Komandan Kodim 0820/Probolinggo, untuk menghindari penyaluran bantuan tidak tepat sasaran sekaligus untuk pengawasan dan pelaksanaannya melibatkan aparat TNI.

“Mengingat bantuan tersebut berupa stimulan sehingga pelaksanaannya pun dibutuhkan partisipasi masyarakat dan anggota TNI. Kami akan turut mengawasi agar dana tersebut benar-benar digunakan untuk kebutuhan pembangunan Rutilahu,” ungkap Letkol Inf Imam Wibowo

Keterlibatan anggota TNI dalam program Rutilahu ini, lanjut Dandim 0820/Probolinggo juga untuk memastikan penyalurannya sesuai peruntukkannya. Meski dengan dana yang terbatas, namun Letkol Inf Imam Wibowo berharap, program bantuan rehab rumah tersebut bisa terealisasi dengan maksimal sehingga menghasilkan rumah yang memenuhi syarat layak huni bagi pemiliknya.

“Keterlibatan TNI dalam program ini untuk memastikan program Rutilahu berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Kami harus memastikan pelaksanaan pembangunan rumah sesuai dengan waktu yang ditentukan, dan pertanggungjawaban keuangan harus sesuai “tegas Letkol Inf Imam Wibowo”

Ungkapan terima kasih oleh salah satu warga yang rumah nya menjadi sasaran program Rutilahu oleh ibu Sunar warga Dusun Manggar Desa Wonorejo Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo.
Diketahui, bahwa Ibu Sunar selama ini tinggal disebuah rumah yang kurang layak untuk dihuni, sehingga, dengan adanya program Renovasi Rutilahu tahun 2019 ini, rumah Ibu Sunar menjadi sasaran fisik berupa renovasi Rutilahu dari program tersebut.
Sasaran Renovasi Rutilahu ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI terhadap rakyat, sehingga rumah Ibu Sunar menjadi sasaran bantuan program Rutilahu.

“Sunar mengucapkan banyak terimakasih atas perhatian TNI telah memberikan bantuan renovasi rumah yang di selengarakan oleh Kodim 0820/Probolinggo,” ujarnya

Di tempat yang sama ibu samak (50) tetangga ibu Sunar mengatakan, dengan di bangunnya rumah ibu Sunar kami selaku tetangganya turut bahagia karena sudah sepantasnya ibu Sunar mendapat bantuan pembangunan renovasi Rutilahu ini.

“Sebagai warga Desa Wonorejo kami mengucapkan terima kasih, dengan adanya program Renovasi Rutilahu ini warga yang rumahnya tidak layak huni dapat layak ditempati kembali,” ujarnya
(Win)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *