Hari Sumpah Pemuda, Pementasan Sendra Tari Kebo Iwa, Memukau

Kabaroposisi.net(Pasuruan),

Sanggar seni Sekar Arum Widya, pada momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda Pementasan Sendra Tari Kebo Iwa mampu memukau para tamu undangan dan 200 peserta pada acara ini.Kesenian ini sangat atraktif, dan benar benar menghibur, karena seni drama dan tari ditata padu secara apik sehingga alur cerita yang diangkat betul betul sampai pada penonton.

Ada sekitar 35 penari yang mendukung garapan berdurasi 30 menit itu,

” Kami ingin menyajikan garapan seni terbaik untuk momentum ini, “ tutur Chica.

Sebagai daya tarik bagi kaum muda “Tutur” untuk mencintai seni,. Sambung Chica salah satu pelatih sanggar yang berada di dusun Ledok desa Kayukebek Kecamatan Tutur Pasuruan itu.

Sekilas digeber alur ceritanya bahwa, Sendratari ini mengisahkan perjalanan Kebo Iwa sebagai seorang patih yang sakti mandra guna. Ia dijanjikan gadis cantik bernama putri Lemah Tulis oleh maha patih Gajah Mada demi mempersatukan nusantara.

Lanjut ecara detail dikisahkan jejak perjalanan Kebo Iwa ke pulau Jawa melalui koreo tari atraktif. Di akhir cerita drama, Kebo Iwa terbunuh oleh patih Gajah Mada yang tujuannya untuk menyatukan Nusantara. Karena ada sumpah Palapa yang harus dijalankan yang menjadi cikal bakal semangat lahirnya Sumpah Pemuda.

Pada kesempatan tersebut, Abdul karim, M.Si selaku Ketua KNPI Kab.Pasuruan mengaku sangat bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi atas tampilan budaya yang dimotori oleh Pemuda Hindu melalui Wadah KNPI. Sebagai kearifan lokal ( lokal wisdom), aset KNPI untuk menjadikan brandmark potensi budaya dan wisata di Kecamatan Tutur.

Walhasil DPK KNPI juga menjadi forum pemersatu Kerukunan beragama sebagai modal Persatuan dan Kesatuan Negara NKRI, yang menjunjung tinggi satu tanah Air, Satu Bangsa Indonesia, dan satu Bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. KNPI Kecamatan Tutur dalam hal ini hadir merangkul smua golongan, tanpa memandang status sosial, perbedaan suku, ras dan perbedaan keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh Negeri Gemah Ripah Loh Jinawi,tanah Indonesia Bumi Pertiwi. (yanto/Pi87)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *